KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI

KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI
Menyediakan Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

30 October, 2014

Timbulnya Strok


Berikut Informasi Timbulnya Strok

Stroke terjadi ketika aliran darah di bagian otak tertutup oleh sesuatu atau akibat dari penyempitan/kebocoran dari pembuluh darah. Setelah kejadian itu dalam hitungan menit sel otak akan mengalami kematian.

Normalnya otak menerima darah dari jantung dengan tujuan adalah:
1. Membawa aliran oksigen dan glukosa, dan 
2. Nutrisi yang dibutuhkan oleh sel.
Tujuannya adalah untuk mencukupi aktivitas fungsi syaraf otak.


Arteri normal
Kandungan yang diangkut oleh darah

Dilihat penyebabnya strok tipe ischemic terjadi akibat 2 hal yaitu:
Strok Ischemic
  • Penyempitan arteri yang diakibatkan timbulnya thrombus sehingga lama-kelamaan menjadi betul-betul tertutup. Thrombus juga disebabkan oleh pola konsumsi makanan yang tidak sehat. 
  • Atau bisa juga disebabkan oleh embolus yaitu gumpalan darah yang dipompa menutup arteri kecil. Pemutusan aliran darah tersebut menyebabkan terhentinya suplai oksigen, glukosa dan nutrisi lainnya ke otak, kemudian pada akhirnya sel otak mengalami kelumpuhan dan mati.
Penyempitan arteri
Penyempitan arteri
Penyempitan arteri

Strok Hemorrhagic
Sebaliknya strok Hemorrhagic ditimbulkan oleh pendarahan yang terjadi pada arteri sehingga mengganggu aliran darah ke otak. Hal ini terjadi ketika ada bagian dari pipa arteri yang lemah disebut dengan aneurism menipis kemudian pecah. Tekanan yang timbul akibat pendarahan bisa menimbulkan hal yang serius pada kerusakan syaraf otak.

Arteri pecah
Kebocoran menyebabkan penekanan cairan dan darah ke otak


Penanganan strok:
Segera lakukan penanganan akan membantu meminimalisasi kerusakan sel otak yang lebih parah bahkan kematian. Untuk strok ischemic bisa bisa diberikan obat yang berfungsi untuk menghilangkan penymbatan. Selanjutnya dapat dilakukan pengoperasian.
Dalam hal strok hemorrhagic akan dilakukan operasi secepatnya untuk penanganan yang diperlukan yaitu memperbaiki keusakan arteri dan menurunkan tekanan darah di otak, selanjutnya diberikan pengobat an untuk menormalkan aliran darah.

111
222

Untuk itu pola hidup sehat mulai dari pengaturan konsumsi makanan yang terjaga seperti banyak makan buah dan olah raga yang cukup setidaknya 20 – 30 menit perhari. Kemudian konsumsi beberapa makanan penunjang salah satunya adalah kacang almond.

Karena kacang almond banyak mengandung asam lemak tak jenuh tunggal seperti palmitoleat dan oleat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan  eningkatkan kolesterol baik (HDL). Hingga pada akhirnya kandungan almond tersebut dapat menjegah penyakit jantung dan strok.
(Oleh Hwn sumber: Nucleus Madical Media)

No comments:

Post a Comment