KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI

KACANG ALMOND DAN KENARI DARI IBU ANI
Menyediakan Berbagai Jenis Kacang-Kacangan

25 October, 2014

Tips Untuk Penderita Diabetes


Tips Untuk Penderita Diabetes

Penyakit gula atau secara umum dikenal dengan kencing manis atau diabetes miletus adalah suatu penyakit yang sudah umum terutama di Indonesia. Penyebab utamanya adalah pola hidup yang tidak sehat dan ditunjang juga dengan faktor keturunan atau genetik.
Contoh gaya hidup yang tidak sehat adalah pengaturan pola makan yang banyak menghasilkan gula darah pada tubuh dan kurang olah raga.  Mengontrol gula darah adalah dengan menurunkan berat badan.
Tips dari para ahli adalah dengan:
1.    Mengkonsumsi karbohidrat beragam, dan
2.    Konsumsi makanan bersarat tinggi

Karbohidrat beragam

Mengkonsumsi jenis karbohidrat yang beragam dan tidak menggantungkan pada hanya jenis asupan karbohidrat tertentu saja seperti nasi dan roti tawar karena kedua jenis karbohidrat tersebut menghasilkan gula darah yang cukup tinggi dan lebih cepat berubah menjadi gula. Konsumsilah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan rendah gula saat dalam tubuh seperti belitung, ubi kayu, dan beberapa jenis umbi-umbian.
Sebaiknya membatasi konsumsi soda, alkohol, snack dan makanan yang mengandung pemanis atau gula berlebih. Beberapa jenis kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat dan sangat baik untuk penderita diabetes, seperti kacang almond memiliki glikemik indeks sangat rendah. Dengan glikemik indeks rendah artinya karbohidrat dalam kacang almond tersebut akan membuat kenyang tubuh namun memiliki proses perubahan menjadi gula darah sangat lambat.

Makanan berserat tinggi

Makanan serat tinggi sangat baik untuk tubuh karena fungsi menyerap lemak dan kandungannya baik untuk menjaga berat badan.

Selain kedua hal tersebut sebaiknya juga mengkonsumsi tanaman herbal yang bertujuan untuk menurunkan atau menekan kandungan gula dalam darah. Kemudian diikuti program olah raga ringan seperti jalan kaki selama 20-30 menit tiap hari.

No comments:

Post a Comment